5 Cara Mudah Dan Cerdas Menghemat Uang Belanja Bulanan Untuk Ibu Rumah Tangga

Salah satu tugas berat seorang ibu rumah tangga adalah mengatur uang belanja bulanan. Ya, banyak dari ibu rumah tangga yang diberikan kepercayaan oleh suami untuk dapat menggunakan uang gaji yang diberikan agar cukup untuk keperluan rumah tangga. Jika uang gaji yang diberikan banyak, tentu tidak masalah. Namun, bagaimana jika gaji yang didapat pas-pasan dengan pengeluaran bulanan? Tentu perlu perencanaan keuangan yang matang agar pengeluaran tidak lebih besar dari pendapatan.

Menghemat Uang Belanja Bulanan Untuk Ibu Rumah Tangga

Ada beberapa cara yang sebenarnya dapat diterapkan ibu rumah tangga agar bisa berbelanja hemat dan mengatur keuangan keluarga dengan bijak, berikut tipsnya:

1.    Buat List Pengeluaran Wajib
Jika nominal gaji atau uang bulanan yang didapatkan sudah diketahui secara pasti berapa jumlahnya, maka akan semakin mudah dalam mengatur perencanaan keuangan. Usahakan untuk tidak membuat pengeluaran bulanan lebih besar dari jumlah gajih. Agar lebih terencana, buatlah daftar pengeluaran wajib tiap bulan, misalnya uang untuk bayar kontrakan, listrik, pulsa, uang belanja kebutuhan pokok dan lainnya. Dengan begitu, setidaknya gaji dapat dipergunakan untuk hal-hal yang lebih utama dan penting terlebih dahulu.

2.    Utamakan Kebutuhan Daripada Keinginan
Memang sudah jadi kebiasaan emak-emak jaman now tidak tahan terhadap berbagai macam godaan belanja barang-barang menarik seperti baju, perhiasaan, alat rumah tangga dan sebagainya, padahal jika dipikir-pikir terkadang barang yang dibeli tidaklah terlalu penting atau masih dalam kategori sekunder. Pada akhirnya, kebiasaan ini seringkali berdampak pada berkurangnya gaji bulanan, yang semestinya bisa dipakai untuk keperluan yang lebih penting justru habis untuk membeli barang-barang tidak terlalu bermanfaat. Jadi, bijaklah dalam membelanjakan uang gaji, pikirkan secara matang apakah memang penting atau sekedar ingin?

3.    Hindari Kredit/Cicilan
Apabila merasa gaji bulanan yang didapatkan pas-pasan atau justru kurang untuk menutupi kebutuhan primer rumah tangga, maka sebaiknya hindari memakai kartu kredit atau membeli barang dengan sistem cicilan. Hal ini perlu dilakukan agar tidak semakin memberatkan keuangan.

4.    Manfaatkan Promo Diskon
Salah satu cara menghemat yang sering dilakukan oleh para ibu rumah tangga adalah dengan memanfaatkan promo diskon yang biasanya sering diadakan oleh beberapa supermarket. Berbelanja kebutuhan pokok saat sedang ada diskon tentunya sangat membantu sekali dalam menekan pengeluaran uang belanja. Uang sisa belanja bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan lain atau ditabung.

5.    Upayakan Penghasilan Tambahan
Tidak ada salahnya jika ibu rumah tangga memiliki penghasilan sendiri atau berupaya mencari penghasilan tambahan selama tugas utamanya sebagai ibu rumah tangga tetap bisa dijalankan dengan baik. Dijaman sekarang yang serba canggih, ada banyak cara untuk bisa mendapatkan uang tambahan, misalnya dengan berjualan online, membuka usaha catering, berjualan pulsa, ikut MLM dan lainnya. Siapa tahu, dengan menjalankan usaha sampingan, uang yang didapatkan bisa memenuhi kebutuhan belanja bulanan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel