Yuk Bikin Cemilan Sehat Salad Buah Yang Nikmat!

Sebenarnya sudah lama banget pengen bikin salad buah, tapi baru bisa kesampaian sekarang. Tau salad buah kan? pastinya sebagian besar udah pada tau dengan jenis makanan satu ini. Salad buah merupakan campuran dari berbagai macam buah yang dipotong kecil-kecil kemudian dicampur dengan saus. Rasanya segar dan pastinya sehat, apalagi kalo disajikan dalam keadaan dingin. Wuih jadi double deh syegerrnya :-D

Dulu, kalo mau menikmati salad buah harus beli, harganya sih lumayan terjangkau sekitar 10-15 ribu saja per cup tergantung ukuran cupnya. Setelah searching cara bikin salad buah, eh ternyata mudah lho bikinnya. Alhasil jadi tertarik deh coba bikin sendiri, selain bisa memilih bahan-bahan buahnya sesuai selera, yang pasti bisa lebih puas karena bisa bikin dalam porsi besar dan yang paling penting saya bisa leluasa ngasih taburan keju di atasnya hehehe… maklum saya penyuka keju :-D

Well, setelah berhasil meng-eksekusi bahan-bahan yang udah dibeli dan ternyata rasanya nikmaaattt bangettt asli menagih, saya coba buat berbagi informasi mengenai cara bikin salad buah ala saya. Cmwiiiiinggg… check this out!!!!

1.    Bahan Yang Harus Disiapkan

Untuk bahan-bahan buah pastinya bisa dipilih sesuai dengan selera, tapi untuk salad buah yang saya buat kemarin menggunakan buah mangga jenis klonal (mangga alpukat), strawberry, pear dan apel. Nah selanjutnya untuk bahan saus salad, siapkan susu full cream, yogurt, mayones, gula dan keju. Untuk merk produk bisa dipilih sesuai selera, tapi untuk yang saya pakai kemarin menggunakan produk ini.


Bahan Yang Harus Disiapkan Bikin Salad Buah


2.    Cara Bikin

Setelah semua bahan sudah siap, saatnya melanjutkan ke tahap proses pembuatan. Sebaiknya cuci buah-buahan terlebih dahulu dan pastikan tangan kamu juga bersih agar salad buah yang dihasilkan nanti tetap higienis hingga akhir. Bagi saya yang seorang perfeksionis, kebersihan dari awal hingga akhir adalah hal yang penting!!! Kupas buah lalu potong kecil. Setelah semua buah sudah dipotong, lanjutkan dengan membuat saus, campurkan semua bahan saus yaitu susu full cream, yogurt dan mayones menjadi satu. Khusus untuk gula, bisa ditambahakn sedikit pada saus jika ingin rasanya lebih manis karena dari yang saya buat kemarin, rasa sausnya agak hambar. Jadi, bagi yang mau sausnya terasa sedikit manis bisa menambahkan gula secukupnya. Aduk saus agar tercampur merata setelah itu tinggal tambahkan dengan potongan buah. Nah sampai disini, proses pembuatan salad buah sudah jadi.

Jika ingin langsung dinikmati, tentu bisa. Namun, paling nikmat jika disajikan dalam keadaan dingin. Jadi, masukkan terlebih dahulu ke dalam kulkas. Agar tampilan salad buah semakin cantik dan menggugah selera, beri taburan keju dan tambahkan irisan potongan buah di atasnya. Parutan keju pada salad buah juga memberi cita rasa yang berbeda. Saya sendiri sengaja menambahkan banyak keju pada bagian atas salad buah karena memang sangat suka, tapi bagi kamu yang tidak suka, it’s ok jika tanpa keju ;-)

Nah ini penampakan salad buah buatan saya!

Salad Buah Khas Saya


3.    Tips Bikin Salad Buah

Dalam pemilihan jenis buah untuk salad, sebaiknya pilih buah-buahan yang memiliki tekstur daging buah keras dan padat seperti misalnya apel, pear, melon, nanas dan lainnya. Hindari menggunakan buah-buahan yang berdaging lembek. Untuk jenis seperti mangga, pepaya atau pisang, sebaiknya hindari yang terlalu matang karena biasanya daging buah akan jadi lembek dan hal ini menurut saya kurang bagus untuk dijadikan bahan salad, pilih yang agak mangkel atau mau matang namun memiliki cita rasa manis.

Untuk mangga yang saya gunakan, kebetulan dari jenis klonal atau yang biasa disebut juga dengan mangga alpukat. Tekstur mangga klonal sangat padat, dagingnya tebal, dan tidak berserabut sehingga mudah saat dipotong, selain itu rasanya sangat manis. Dari beberapa kali mencicipi salad buah yang dibeli dari penjual yang berbeda, saya menyimpulkan bahwa penggunaan campuran buah sangat mempengaruhi cita rasa salad. Pernah suatu kali saya membeli salad buah yang ada tambahan buah kiwinya dan pepaya, papaya yang digunakan terlalu matang sehingga lembek sedangkan rasa kiwinya agak sedikit pahit. Hal ini jadi berefek pada cita rasa salad, selain rasanya jadi kurang nikmat, tekstur papaya yang lembek jadi mengurangi selera. So, sebagai tambahan informasi, pilih buah-buahan yang tepat ya…

Gimana, tertarik bikin salad buah juga??? coba deh! lumayan buat cemilan sehat, apalagi buat kamu yang lagi diet! Semoga informasi ini bermanfaat, terimakasih sudah meluangkan waktu membaca artikel ini hingga tuntas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel