9 Tips Nyaman Menulis Agar Tetap Produktif Dan Tetap Semangat!

Sebagai seorang penulis, adakalanya saya merasa bosan, jenuh, tidak mood atau mengalami yang namanya “writer’s block”. Hal ini wajar, mengingat menulis adalah aktivitas yang membutuhkan kerja otak dan harus fokus, terlebih jika dilakukan secara rutin dengan intensitas sering. Kalo sudah jenuh atau mulai merasa tidak nyaman saat menulis, biasanya saya melakukan beberapa hal berikut ini, mungkin diantaranya bisa jadi tips menghilangkan rasa jenuh juga untuk kamu yang punya hobi menulis atau bekerja dalam dunia tulis menulis.

Tips Nyaman Menulis

Menyendiri
Saya adalah tipe orang yang penyendiri, dalam melakukan banyak hal sukanya dilakukan sendiri, terlebih untuk urusan menulis. Perlu tempat yang hening, tenang dan tidak banyak orang agar bisa fokus dan konsentrasi penuh saat menulis. Oleh karena itu, jika dilingkungan sekitar mulai dirasa tidak nyaman atau kondusif ketika sedang menulis, saya akan langsung mencari tempat lain untuk menyendiri sampai tulisan benar-benar selesai.

Cari Tempat Yang Berbeda
Paling sering menulis di kamar pribadi karena memang hingga saat ini belum punya ruang kerja khusus untuk menulis. Namun, adakalanya saya merasa bosan dengan tempat yang itu-itu saja. Ketika perlu suasana baru untuk menyegarkan pikiran, saya mencari tempat yang berbeda dari biasanya, bisa pergi ke caffee yang tidak terlalu banyak pengunjung dan tempatnya nyaman, pergi ke perpustakaan atau taman.

Sediakan Cemilan
Selain kuli bangunan, penulis adalah profesi lainnya yang memerlukan energi banyak. Hal ini bener banget gaes, saya sudah merasakannya sendiri. Kalo lagi nulis… perut jadi gampang lapar, kalo sudah lapar alhasil ga bisa konsentrasi. Makanya, sebelum memulai nulis, saya biasanya makan dulu, trus nyediain cemilan di samping laptop, biar ga gampang lapar.

Secangkir Kopi
Bagi saya yang seorang penikmat kopi, kopi wajib ada saat sedang menulis! Selain membuat lebih nyaman juga bisa lebih konsentrasi. Entah apakah kopi benar-benar dapat meningkatkan konsentrasi atau tidak, nyatanya kalo ga ada kopi ga lengkap rasanya.

Mandi
Keadaan tubuh juga sangat berpengaruh terhadap kenyamanan saat menulis, tubuh yang gerah berpotensi menimbulkan rasa tidak nyaman. Oleh karena itu, mandilah di saat tubuh mulai gerah dan kotor. Usai mandi, tubuh yang segar membuat otak jadi lebih mudah untuk berpikir.

Mendengarkan Musik
Mendengarkan musik bisa jadi cara lainnya mengusir rasa bosan setelah seharian menulis. Biasanya, saat jadwal menulis sedang padat, pasti ada rasa lelah dan bosan, untuk mengatasi hal ini saya sempatkan mendengarkan musik atau lagu favorit di sela-sela jam istirahat.

Menonton Film
Bagi yang suka nonton film, bisa juga nih pakai cara ini untuk mengusir bosan dan jenuh. Dengan menonton film, kita bisa melupakan sejenak aktivitas menulis dan membiarkan otak lebih santai. Tonton film yang ringan dan disukai agar setelah selesai menonton film, pikiran jadi lebih fresh dan siap untuk bekerja lagi.

Tidur
Tidak ada cara terbaik untuk menghilangkan lelah setelah capek seharian menulis selain tidur. Ya, kalo memang sudah tidak bisa dipaksakan lagi untuk menulis, lebih baik tidur dulu dan mengistirahatkan badan.

Pergi Jalan-jalan
Idealnya, penulis harus punya waktu khusus untuk jalan-jalan atau rekreasi, karena selain untuk membuat pikiran tetap fresh juga agar tetap waras.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel