Terapkan 5 Tips Ini Untuk Membuat Hunian Adem dan Nyaman

Pernah mendengar istilah "Baiti jannati” yang artinya “Rumahku surgaku”? Ya, rumah yang menjadi tempat tinggal dan melakukan berbagai aktivitas, memang sudah seharusnya dibuat senyaman mungkin, baik untuk tamu yang datang ataupun untuk si pemilik rumah sendiri. Ada beberapa hal yang seringkali membuat tidak nyaman atau tidak betah berada di rumah, salah satunya adalah suhu udara di dalam ruangan yang terasa panas. Untuk iklim negara kita yang memang termasuk tropis, hal ini memang tidak dapat dihindari, namun bukan berarti tidak ada upaya penanganan yang bisa dilakukan. Dengan menerapkan 5 tips berikut ini, kita bisa mendapatkan hunian yang adem dan nyaman, meski cuaca sedang panas.

Hunian Adem dan Nyaman

1.    Buat Ruangan Terbuka
Tips pertama yang bisa diaplikasikan saat hendak membuat rumah adalah dengan menerapkan ruangan yang banyak memiliki bukaan serta minim sekat. Untuk hunian dengan luas yang terbatas, tips ini akan sangat bermanfaat menjadikan ruangan terlihat lebih luas dan nyaman karena sirkulasi udara bisa berjalan lebih baik. Buatlah beberapa bukaan seperti pintu kaca geser yang bisa di buka tutup dengan mudah pada ruangan misalnya ruang santai atau keluarga. Bisa pula dengan membuat bukaan seperti jendela yang lebar. Banyaknya area terbuka pada rumah akan menjadikan udara bisa lebih bebas masuk dan menjadikan suhu udara terasa lebih sejuk.

2.    Aplikasikan Tanaman Hijau
Ingin rumah terlihat sejuk dan natural? Anda bisa meletakkan beberapa tanaman hijau di dalam rumah. Pilih beberapa jenis tanaman hijau dan letakkan pada pot, taruh di beberapa sudut ruangan agar tidak mengganggu aktivitas. Jika ingin menaruh di meja sebagai pajangan atau hiasan, bisa memilih tanaman kecil seperti kaktus mungil. Fungsi tanaman hijau di dalam rumah, tidak hanya membuat tampilan menjadi lebih fresh, tetapi juga menjadikan kualitas udara lebih baik karena oksigen yang dihasilkan oleh tanaman hijau itu sendiri.

3.    Buat Taman
Apabila di area sekitar rumah masih tersedia lahan kosong, bisa memanfaatkannya untuk dijadikan taman. Area taman pada sebuah hunian sangat banyak manfaatnya seperti dapat dijadikan tempat bermain, bersantai, acara keluarga dan juga sebagai ruang terbuka hijau. Namun, jika tidak memiliki lahan luas untuk dijadikan taman, anda tetap bisa memiliki taman ko’! Caranya dengan membuat vertical garden. Ya, taman yang memanfaatkan bagian dinding atau tembok sebagai media tanaman tumbuh dan berkembang ini, sangat layak dicoba bagi anda yang menginginkan adanya sudut hijau pada rumah.

4.    Atap Kaca
Untuk membuat rumah mendapat pencahayaan yang cukup saat siang hari tanpa harus menyalakan lampu, anda bisa membuat atap rumah dari kaca. Tidak perlu semua atap dari kaca, cukup hanya beberapa bagian saja yang dirasa dapat menjadi suplai cahaya alami dari matahari. Tips ini cukup efektif membuat ruangan jadi terang dan pastinya mampu menghemat pemakaian listrik.

5.    Kolam Air
Di sebuah rumah dengan konsep natural ada yang menerapkan kolam pada sekeliling bagian rumahnya sehingga terlihat seperti rumah mengambang di atas air. Ide ini tergolong unik dan menarik bukan? Ya, keberadaan kolam air pada hunian memang menjadikan warna tersendiri. Biasanya, rumah yang ada kolamnya terlihat lebih adem. Apabila ingin membuat kolam yang menarik, bisa menambahkan pancuran dan ikan hias di dalamnya. Pastinya, ini bisa jadi sarana bermain anak sekaligus pemandangan di sekitar rumah yang mampu menarik minat setiap orang yang datang.

Itu tadi 5 tips membuat rumah yang adem dan nyaman, mungkin sebagian diantaranya bisa anda coba terapkan di rumah. Semoga bermanfaat dan jangan ragu membagikan artikel ini jika dirasa menarik dan layak dibaca oleh orang lain.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel