3 Tips Membeli Mobil Sesuai dengan Kebutuhan

Tips untuk membeli mobil murah semisal harga renault duster 4x4 di Indonesia mungkin cukup banyak, hal ini didasarkan pada kebutuhan konsumen di sini. Dari beberapa dekade yang lalu model mobil keluarga, juga dikenal sebagai kendaraan serba guna (MPV), selalu menjadi pilihan pertama bagi konsumen otomotif Indonesia.

Alasannya, pemilik kendaraan di Indonesia suka bepergian dengan anggota keluarga lainnya. Sebagai bagian dari budaya di mana satu keluarga dapat dikaitkan dengan keluarga besar, di mana selain keluarga inti, anggota lain seperti kerabat juga dianggap sebagai bagian dari keluarga.

Harga renault duster 4x4


Untuk alasan ini, mobil dengan kapasitas besar atau dapat memuat banyak penumpang adalah yang paling dicari. Kemudian selain jenis mobil yang dicari, pilihan harga yang murah juga menjadi alasan untuk membeli mobil.

Kami memiliki tips untuk membeli mobil bagi Anda yang ingin membeli mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pertama, tentukan tujuan penggunaan mobil. Jika Anda ingin membeli mobil untuk mendukung rutin seperti ke kantor, ada baiknya Anda memilih mobil kompak, seperti hatchback atau city car.

1. Mobil Compact untuk Perkotaan

Sebagai negara berkembang, karakteristik infrastruktur jalan di Indonesia secara umum masih kurang memadai. Luas jalan dengan kepadatan mobil yang lewat berbanding terbalik. Akibatnya, kemacetan masih sering dijumpai di beberapa ruas jalan, terutama ruas jalan yang memiliki banyak gedung perkantoran.

Pilihan mobil kompak tentu akan memudahkan Anda bermanuver dalam kemacetan lalu lintas. Tidak hanya itu, untuk mendapatkan tempat parkir semakin mudah jika Anda memilih mobil kompak. Lihat saja mobil mungil mungil ini, Toyota Yaris, Honda Jazz, Brio hingga Kia Picanto bisa menjadi pilihan untuk digunakan sebagai alat transportasi sehari-hari.

Ketika berbicara tentang bahan bakar, mobil kompak ini dikenal sangat efisien. Tetapi ada beberapa kelemahan mendasar dari mobil kompak jenis ini, seperti tidak dapat memuat banyak penumpang dan agak tidak nyaman untuk menghadapi perjalanan jauh.

Kemudian jika tujuan Anda adalah membeli mobil untuk mendukung kegiatan keluarga, seperti anak sekolah ulang-alik untuk membeli kebutuhan sehari-hari, maka jenis mobil yang cocok adalah MPV. Dalam penjelasan awal, kemampuan MPV untuk mengangkut banyak penumpang hingga barang bawaan adalah solusi terbaik untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

2. MPV Cocok untuk Keluarga

Nama-nama merek mobil MPV yang menjadi favorit di Indonesia, tentu didominasi oleh merek-merek Jepang, misalnya Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, Honda Mobilio dan banyak lagi. Semua merek menawarkan kemampuan untuk mengakomodasi banyak penumpang dan muatan.

Akhirnya mengenai jenis mobil yang dikenal di Indonesia ada sport utility vehicle (SUV) dan Sedan. Kedua jenis mobil ini adalah pemain kecil di pasar otomotif nasional. Mengapa? Kedua jenis mobil ini disukai oleh pengendara yang memiliki minat khusus, hobi atau ingin berbeda dari yang lain.

Jika Anda menyukai petualangan baik ringan maupun berat, ada banyak pilihan SUV yang dapat Anda temukan di pasar otomotif nasional. Untuk SUV yang bisa melahap medan off road, di Indonesia ada Toyota Fortuner, Honda CR-V, Mitsubishi Pajero, Chevrolet Captiva dan lainnya. Di negara lain penunjukan mobil dikenal sebagai crossover. Alasannya, mobil ini memiliki kemampuan di medan off road tetapi juga menawarkan kenyamanan dan penampilan elegan seperti jenis mobil sedan.

3. SUV dan Pecinta Petualangan

Kemudian bagi mereka yang benar-benar maniak untuk petualangan di medan yang ekstrem, SUV seperti Jeep, Land Rover atau merek lain yang memiliki sistem penggerak 4 roda dapat menjadi andalan Anda dalam bepergian.

Untuk jenis sedan, biasanya mereka yang menyukai mobil ini adalah mereka yang tidak terbiasa mengendarai mobil sendirian dan perlu ditemani oleh pengemudi. Sehingga tingkat kenyamanan menjadi hal utama.

Seperti manusia, mobil terdiri dari beragam tipe fisik dan karakter kepribadian. Untuk urusan fisik, Anda mungkin memiliki preferensi tipe tertentu, tapi mengenali karakter dan kelebihan dari masing-masing jenis mobil sangat penting agar Anda tak salah beli. Karena, pada akhirnya yang Anda butuhkan adalah mobil yang mampu menunjang kebutuhan.

Mengutip Rouli Sijabat, PR Manager PT Toyota Astra Motor, pada dasarnya tipe mobil berkembang seiring dengan perubahan konsumen. Demikian juga dengan pasar otomotif di Indonesia. “Era ’80-an kita hanya menjumpai kendaraan penumpang dan kendaraan niaga. Kendaraan penumpang terbagi menjadi sedan 4 pintu dan sedan 5 pintu seperti hatchback atau station wagon, sementara kendaraan niaga adalah pick-up. Kini kita mengenal antara lain sedan, hatchback, MPV, SUV, dan coupe,” paparnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel