Tips dan Cara Mengatasi Kulit Kering Bersisik dan Gatal

Hampir setiap orang pernah mengalami kulit kering yang menyebabkan kulit menjadi terlihat kusam bahkan kulit yang terlalu kering dapat menyebabkan kulit menjadi bersisik dan gatal sehingga kulit menjadi lebih sensitif. Berbagai cara mengatasi kulit kering bersisik dan gatal pun akan dicoba agar kulit menjadi normal kembali.

Tips dan Cara Mengatasi Kulit Kering Bersisik dan Gatal

8 Cara Mengatasi Kulit Kering Bersisik dan Gatal 

Faktor terjadinya kulit kering bisa saja terjadi karena kekeringan dalam tubuh dan dehidrasi yang menyebabkan minyak alami yang dihasilkan pada tubuh berkurang sehingga kulit menjadi kering. Cuaca juga dapat mempengaruhi kulit kering. Sebelum kulit kering hingga mengelupas, bersisik dan gatal, anda bisa mencoba cara menghilangkan kulit kering.

1. Menjaga pola makan
Sebelum mencoba cara dari luar, sebaiknya untuk menjaga pola makan untuk mencegah kekeringan dari dalam tubuh yaitu dengan mengonsumsi air putih yang cukup dan mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin A dan vitamin C.  Selain itu, anda juga bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin E, makanan kaya antioksidan dan omega 3 yang dikenal bagus untuk merawat kulit seperti kacang-kacangan, wortel, tomat, dll.

2. Gunakan minyak kelapa
Tips mengatasi kulit kering adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa dikenal memiliki sifat emolien yang mampu melembabkan dan menghaluskan kulit. Oleskan tipis pada area kulit kering sehingga tidak terlalu berminyak atau bisa dibiarkan semalaman saat tidur.

3. Gunakan petroleum jejak
Selain minyak kelapa, petroleum jelly juga dikenal sebagai minyak mineral yang mampu mengatasi kulit kering. Saat ini sudah banyak produsen kosmetik yang menjual petroleum jelly dengan harga terjangkau.

4. Hindari mandi air hangat terlalu lama
Mandi air hangat memang membuat tubuh menjadi rileks apalagi setelah beraktivitas seharian namun air hangat dapat menghilangkan minyak alami yang dihasilkan tubuh sehingga kulit menjadi kering. Sebaiknya mandi dengan air yang sesuai dengan suhu tubuh atau jika ingin menggunakan air hangat, jangan lebih dari 5-10 menit.

5. Keringkan tubuh dengan baik
Setelah mandi, segera keringkan tubuh dengan baik dan jangan biarkan hingga mengering sendiri karena setelah air menguap, kulit akan terasa lebih kering. Handuk yang kasar dapat menggesek kulit dan membuat kulit kering menjadi iritasi dan mengelupas sehingga saat mengeringkan tubuh, pastikan untuk menggunakan handuk berbahan lembut agar gesekan handuk tidak membuat kulit iritasi.

6. Gunakan tabir surya
Sinar UVA dan UVB yang dipancarkan oleh matahari dapat menyebabkan kulit kering sehingga menyebabkan keriput dan penuaan dini. Untuk mencegah hal tersebut, selalu oleskan tabir surya baik pada kulit wajah maupun kulit tubuh setiap kali anda keluar rumah.

7. Gunakan pelembab sebelum tidur
Gunakan body lotion yang cocok dengan kulit anda. Pilihlah lotion yang dikhususkan untuk penggunaan pada malam hari. Gunakan secara rutin bahkan dapat digunakan jika kulit kering sudah sembuh untuk mencegah kulit kering datang kembali.

8. Menggunakan humidifier
Humidifier adalah alat untuk menjaga kelembapan ruangan sehingga ruangan tidak akan terasa kering. Ruangan dengan kelembapan yang terjaga sangat baik untuk kulit sehingga kulit tidak mudah kering.

Inilah cara mengatasi kulit kering bersisik dan gatal yang bisa anda coba sendiri di rumah. Namun jika kulit kering anda tak kunjung sembuh bahkan menjadi iritasi dan kulit mengelupas secara terus-terusan, jangan ragu untuk berkunjung ke dokter kulit untuk meminimalisir kulit kering menjadi semakin parah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel