Ini Dia 7 Jenis Usaha Sampingan Yang Menarik Untuk Dicoba Siapa Saja!

Setiap orang pasti butuh uang, hanya saja berbagai kebutuhan hidup terkadang menuntut seseorang untuk bisa berusaha lebih demi mendapatkan uang tambahan. Meski sudah memiliki gaji tetap dari pekerjaan yang dijalani, tidak sedikit yang tertarik untuk menjalankan usaha sampingan untuk mendapatkan uang tambahan.

Berikut ini, ada beberapa jenis usaha sampingan menarik yang bisa dijalankan oleh siapa saja, mulai dari remaja, orang dewasa, ibu rumah tangga bahkan PNS.

Jenis Usaha Sampingan Menarik

1. Jualan Online
Berjualan online merupakan usaha sampingan yang kini tengah banyak digeluti banyak orang. Seiring perkembangan dunia internet yang kian pesat, membuat transaksi online semakin meningkat pula, termasuk dalam hal jual beli. Ada banyak produk yang bisa dijual secara online, mulai dari produk fashion, kebutuhan rumah tangga, kosmetik, obat dan lainnya. Anda bisa memilih salah satu produk atau beberapa untuk dijual dan dipasarkan secara online. Jika tertarik, bisa bergabung menjadi reseller Indonesia pada salah satu brand atau marketplace untuk memudahkan penjualan produk.

2. Membuat Kue
Bisnis sampingan yang satu ini mungkin cocok dilakukan oleh para ibu atau remaja putri yang memiliki keahlian membuat kue. Bisa memilih salah satu jenis kue atau beberapa untuk dijual. Dalam pemasarannya, bisa dilakukan secara online, dijajakan oleh orang lain atau menitipkan pada warung terdekat di lingkungan sekitar. Dengan cara ini, anda yang punya usaha lain, tetap bisa fokus menjalankan pekerjaan, sementara untuk penjualan kue, bisa dilakukan oleh orang lain. Anda hanya perlu membuatnya saja.

3. Toko Kelontong
Jika di rumah anda punya sedikit lahan atau toko yang bisa dimanfaatkan untuk berjualan, mungkin membuka toko kelontong bisa jadi usaha sampingan yang mendatangkan untung. Terlebih jika di tempat anda tinggal belum ada yang membuka usaha seperti ini. Usaha ini bisa dilakukan oleh anda yang banyak menghabiskan waktu di rumah, sehingga sambil mengurus rumah, juga bisa sambil berjualan. Untuk membuka toko kelontong memang diperlukan modal yang beaar, apalagi jika barang-barang yang hendak dijual banyak macamnya. Namun, hal tersebut tentu tidak jadi masalah jika anda punya tabungan yang cukup untuk modal usaha.

4. Jadi Guru Les
Bagi anda yang punya minat dalam bidang pendidikan bahkan memiliki basic pendidikan guru, usaha sampingan yang bisa anda coba adalah menjadi guru les. Saat ini, guru les sangat dibutuhkan terutama di perkotaan. Banyak orang tua yang rela membayar mahal untuk satu guru les per mata pelajaran. Jenis usaha ini bisa dilakukan oleh banyak kalangan, mulai dari pelajar, mahasiswa bahkan bagi orang dewasa. Biasanya, bayaran yang diberikan untuk guru les dihitung per jam selama waktu belajar.

5. Membuat Kerajinan Tangan
Dalam menjalankan bisnis yang satu ini, memang perlu sebuah keterampilan tangan dan waktu luang. Ya, membuat kerajinan tangan misalnya souvenir, bross, kalung etnik dan lainnya bisa jadi usaha sampingan yang menghasilkan. Anda bisa mempromosikan hasil kerajinan tangan anda lewat media sosial. Ada banyak social commerce Indonesia yang siap jadi wadah tempat anda mengembangkan usaha. Jika bisa membuat kerajinan tangan yang unik, menarik serta tidak kalah bersaing dengan yang lain, bukan tidak mungkin hasil karya anda akan disukai banyak orang.

6. Model Endorse
Jika anda memiliki minat dalam bidang foto dan model, senang berinteraksi di media sosial hingga memiliki banyak followers, bisa memanfaatkan hal ini untuk jadi usaha sampingan yaitu menjadi model endorse. Jangan anggap remeh bayaran model endorse karena nyatanya, ada yang dibayar tinggi untuk satu iklan produk. Biasanya, bagi selebgram yang sudah cukup terkenal dan memiliki followers banyak, bisa mendapatkan bayaran hingga jutaan rupiah untuk sekali iklan. Wah lumayan banget kan?

7. Penulis
Memiliki minat dan bakat dalam bidang tulis menulis? Mengapa tidak memanfaatkan sebagai media untuk mencari uang tambahan? Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang dari menulis, misalnya menjadi penulis artikel pada sebuah website, mengirim tulisan ke media cetak atau membuat buku. Kelebihan memiliki usaha sampingan sebagai penulis adalah memiliki waktu yang fleksibel, bisa dikerjakan dimana saja dan tidak memerlukan modal banyak, hanya perlu mengandalkan keahlian serta ide kreatif.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel