Cara Membuat Kue Khas Banjar Geguduh Tiwadak yang Enak dan Praktis

Salah satu jenis buah-buahan di Indonesia yang hanya ada pada waktu tertentu atau biasa disebut dengan buah musiman yaitu Cempedak. Buah ini, dikenal dengan nama “Tiwadak” jika di daerah Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Biasanya, orang Banjar seringkali memanfaatkan buah tiwadak untuk diolah menjadi campuran membuat kue yang disebut Geguduh. Tidak hanya buahnya saja, bahkan kulit Tiwadak dan juga bijinya juga bisa diolah menjadi makanan.

Nah, khusus pada artikel ini saya akan membahas tentang apa itu kue khas Banjar yang bernama Geguduh Tiwadak serta bagaimana cara membuat Geguduh Tiwadak yang enak dan praktis.

Geguduh Tiwadak dan Kopi Biko

Geguduh Tiwadak merupakan kue atau wadai yang biasanya diolah menggunakan bahan dasar tepung terigu. Cara memasaknya digoreng, memiliki rasa yang legit dan nikmat apalagi jika disantap dalam keadaan hangat bersama secangkir kopi atau teh panas. Jika tidak ada Tiwadak, dapat menggunakan pisang sebagai bahan lainnya untuk membuat Geguduh. Berikut ini bahan dan cara pembuatan wadai Geguduh Tiwadak yang bisa dicoba.

Bahan-bahan:

1. Tepung terigu
2. Buah Cempedak/Tiwadak
3. Gula
4. Garam
5. Air Matang/Air Santan
6. Vanili
7. Minyak Goreng

Cara Membuat:

1. Siapkan tepung terigu secukupnya lalu masukkan ke dalam tempat adonan, bisa menggunakan takaran ¼ atau ½ Kg tepung sesuai dengan kebutuhan
2. Campurkan dengan air matang atau air santan hingga menjadi adonan, masukkan sedikit demi sedikit air untuk membuat adonan memiliki tingkat kekentalan yang pas, jangan sampai terlalu encer karena nanti akan sulit dibentuk saat digoreng
3. Jika adonan sudah tercampur rata, masukkan buah Tiwadak, gula, garam dan vanili secukupnya, aduk kembali hingga semua bahan tercampur rata
4. Panaskan minyak goreng, lalu goreng adonan hingga matang

Saat hendak menggoreng adonan kue Geguduh Tiwadak, bisa menggunakan sendok nasi untuk memudahkan adonan terbentuk karena adonan digoreng sedikit demi sedikit, tidak digoreng sekaligus. Goreng kue hingga berwarna kecoklatan dan harum.

Nikmatnya menyantap kue Geguduh Tiwadak bisa kamu rasakan bersama secangkir Kopi Biko, apalagi saat musim dingin, menyantap hidangan kue sederhana dan secangkir kopi rasanya sungguh menyenangkan. Tertarik mencoba???

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel