Inilah Cara Cuci Tangan Yang Benar

cara mencuci tangan yang baik dan benar menurut standar WHO

Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir serta menggunakan cairan pembersih berbasis alkohol dapat membunuh virus yang ada di tangan Anda.

Mencuci tangan pastinya akan membuat Anda tetap sehat dan mencegah penyebaran diare dan infeksi saluran pernapasan banyak tersebar. Kuman dapat menyebar dari orang lain atau permukaan saat Anda sedang menyentuh wajah saat tangan kotor, makan atau minum tapi tangan yang tidak dicuci, batuk, atau bersin ke tangan dan kemudian menyentuh tangan orang lain atau benda-benda yang ada disekitar. Hal itu lah yang akan membuat Anda dengan mudah terkontaminasi dengan kuman atau virus.

Saat Anda sedang di rumah pun mencuci tangan juga tetap sangat disarankan. Apalagi jika Anda memesan makanan dari luar, atau setelah menerima paket.

Memang terdengar sangat sepele, tetapi mencuci tangan tidak bisa sembarangan cuci tangan lho. WHO atau Organisasi Kesehatan Dunia sudah memberitahukan bagaimana cara mencuci tangan yang baik dan benar.

Berikut ini cara mencuci tangan yang baik dan benar menurut standar WHO:

1. Basahi tangan dengan air dan tuangkan sabun di telapak tangan


Pastikan Anda membasahi tangan menggunakan air bersih. Setelah itu, tuangkan sabun cuci tangan secukup di telapak tangan Anda hingga menyeluruh. Ada baiknya jika Anda menggunakan sabun cuci tangan yang memiliki kandungan antiseptik atau antibakteri agar lebih cepat membunuh virus dan kuman.

2. Gosokkan produk sabun yang telah dituangkan


Setelah sabun menyeluruh, tangkupkan kedua telapak tangan Anda, lalu gosok kedua telapak tangan secara memutar. Tujuannya, agar busa dari sabun membersihkan kedua telapak tangan Anda.


3. Gosok bagian punggung tangan


Usap dan gosokkan sabun tadi pada punggung tangan agar sabun dapat membersihkan kuman secara merata. Caranya telapak tangan kanan di atas punggung tangan kiri dan jari-jari saling terkait, begitu sebaliknya. Lalu, gosokkan kedua telapak tangan dan sela-sela jari tangan Anda.

4. Gosokkan jari-jari tangan


istilah cuci tangan pada step ini seperti tangan paduan suara. Anda harus memperhatikan jari-jari dengan posisi saling mengunci. Tujuannya untuk membersihkan seluruh bagian jari-jari Anda.

5. Bersihkan ibu jari


Seperti diketahui bahwa jari jempol biasanya digunakan untuk mengetik layar smartphone, remote, menekan tombol lift yang mungkin menjadi sarang bakteri. Cara membersihkan nya yaitu dengan menggosok bagian ibu jari atau jempol bagian kiri sambil digenggam oleh telapak tangan bagian kanan, begitupun sebaliknya.

6. Bersihkan ujung kuku


Cara membersihkan ujung kuku yaitu kuncupkan tangan kanan pada telapak tangan kiri, gosok memutar ke depan lalu ke belakang dengan tujuan membersihkan ujung-ujung kuku.

7. Bilas dan keringkan tangan Anda



Step terakhir yaitu bilas tangan Anda menggunakan air bersih yang mengalir. Setelah semua step dilakukan matikan air nya lalu keringkan tangan Anda menggunakan handuk bersih atau tisu.

Itu lah cara mencuci tangan dengan benar agar Anda dapat terhindar dari kuman atau virus. Tapi ingat tidak hanya mencuci tangan yang benar, Anda juga harus menjaga kesehatan tubuh Anda dengan menerapkan gaya hidup sehat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel