Inilah Manfaat Pepaya yang Perlu Kita Ketahui

Inilah Manfaat Pepaya Yang Harus Kita Ketahui

Umumnya semua buah-buahan memiliki manfaat tersendiri, begitu juga dengan pepaya.

Banyak orang tidak sadar bahwa pepaya memiliki segudang manfaat yang bagus bagi kesehatan maupun kecantikan. Dan pepaya memiliki 235 mg vitamin C perbuahnya, 2-4 kali lebih banyak dari asupan harian yang dibutuhkan.

Kandungan dalam Buah Pepaya

Pepaya berasal dari Meksiko Selatan dan Amerika Tengah dengan bahasa latin nya carica papaya. Yang lebih menariknya lagi, hampir semua bagian pepaya dapat dikomsumsi seperti buah, bunga juga daun.

Kandungan Nutrisi yang terdapat pepaya seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B3, vitamin B5, vitamin E, vitamin K, serat, mineral, kalsium, folat, magnesium, potasium dan likopen. Buah yang berwarna oranye ini juga mengandung enzim yang disebut papain dan antioksidan yang lebih banyak dibandingkan dengan buah-buahan lain.

Pepaya kecil saja memiliki kandungan seperti, 15 gram karbohidrat, 3 gram serat, mengandung 59 Kkal, dan 1 gram protein. Sementara itu, kandungan indeks glikemik dan gula pada pepaya cukup rendah. Jadi, aman-aman saja dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Manfaat Pepaya Dalam Lingkup Kesehatan


1. Mencegah Kanker

kandungan likopen dalam pepaya dapat mengurangi risiko tumbuh nya kanker. Dan pepaya sangat bermanfaat bagi pederita kanker payudara.

2. Meredakan Nyeri Saat Menstruasi

Saat wanita sedang menstruasi tak jarang akan merasa kram atau nyeri diperut. Nah untuk meredakan rasa sakit nya maka disarankan untuk wanita yang sedang menstruasi untuk mengonsumsi pepaya.

Karena, kandungan enzim papain yang terdapat pada pepaya memiliki manfaat untuk menjaga sistem pencernaan dan meredakan nyeri saat menstruasi.

3. Mencegah Peradangan

Pepaya kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk mengurangi inflamasi atau peradangan kronis.

4. Melancarkan Pencernaan

Dengan tekstur pepaya yang lembek, buah pepaya sering dijadikan sebagai obat sembelit dan gejala lain dari sindrom iritasi usus atau Irritable Bowel Syndrome (IBS).

5.Bermanfaat Bagi Jantung

kandungan Vitamin C dan Likopen yang terdapat pada pepaya dapat menjaga kesehatan jantung dan mencegah risiko munculnya penyakit kardiovaskular.

6. Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan Beta karoten atau Provitamin A yang terdapat pada pepaya memiliki peran yang penting dalam proses produksi antibodi. Antibodi inilah yang bisa  meningkatkan sistem kekebalan atau imunitas pada tubuh.

Manfaat Pepaya Dalam Lingkup Kecantikan


1.Menghilangkan Flek Hitam Pada Wajah dan Mencerahkan Wajah

Pepaya mampu membersihkan kulit dari kotoran-kotoran yang menempel pada wajah dan melindungi kulit dari paparan sinar matahari atau radikal bebas. Pepaya sering dijadikan sebagai bahan pokok di berbagai produk-produk kecantikan, misalnya sabun atau lotion pepaya.

2. Menghilangkan Jerawat

Manfaat pepaya ini tentu tidak perlu diragukan lagi. Seperti yang kita ketahui banyak obat-obat jerawat yang menggunakan pepaya. Pepaya mempunyai kandungan yang mampu mencegah dan memberantas masalah kulit seperti jerawat.

Kandungan enzim papain yang ada pada pepaya mampu mengangkat sel-sel kulit mati yang menyumbat di pori-pori wajah penyebab munculnya jerawat.

3.Mengencangkan dan Melembutkan Kulit

Pepaya dapat mengurangi pembentukan radikal bebas, sehingga pepaya dapat mencegah penuaan dini atau terlihat awet muda. Anda bisa mencampurkan putih telur dan pepaya untuk masker wajah selama 15-20 menit. Putih telur itu akan membantu pepaya untuk mengencangkan kulit lebih efektif.

4.Mempercepat Proses Penyembuhan Jerawat

kandungan nutrisi yang terdapat dalam pepaya memiliki manfaat yang dapat membantu meredakan radang yang terjadi akibat timbulnya jerawat.


Nah itu tadi manfaat pepaya bagi kesehatan dan kecantikan. Ternyata banyak juga ya manfaat nya. Semoga Bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel