Inilah Menu Berbuka Puasa Yang Sehat

Inilah Menu Berbuka Puasa Yang Sehat

Dalam bulan Ramadhan ada kewajipan yang wajib ditunaikan oleh semua umat islam, yaitu berpuasa. Puasa Ramadhan adalah puasa yang sangat dinanti-nantikan oleh semua umat islam yang beriman. Karena puasa Ramadhan selain anugrah dari Allah SWT yang sangat besar pahalanya serta dari segi manfaat sangat banyak sekali.

Bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia, buka puasa identik dengan aneka takjil yang manis dan sajian mengenyangkan seperti gorengan, es buah,  kolak, hingga nasi dengan aneka lauk-pauk yang  kaya rempah.

Meski demikian, ternyata ada pula beberapa orang yang mulai mengurangi konsumsi aneka sajian khas Ramadhan tersebut karena kandungan gula, lemak jenuh, dan garamnya yang terbilang sangat tinggi. Nah,  kandungan tersebut dapat berdampak kurang baik bagi kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan.

Setelah kamu berpuasa seharian, pastilah membutuhkan gizi yang seimbang ketika berbuka puasa. Bulan puasa bisa dijadikan waktu yang tepat untuk memulai program hidup sehat. Maka dari itu, dengan mengonsumsi makanan yang sehat pada saat berbuka puasa dapat kamu lakukan untuk memulai hidup sehat. Berikut ini rekomendasi menu berbuka puasa yang pastinya enak dan sehat.

1.  Sup makaroni


Sup Makaroni yang hangat dapat menjadi menu buka puasa yang  sehat karena bisa membuat perut lebih nyaman. Selain itu, makaroni bermanfaat untuk mengembalikan energi serta membuat perut kenyang lebih lama. Kandungan indeks glikemik yang terdapat di dalam makaroni ini yang akan membuat proses penyerapan glukosa menjadi lebih lambat sehingga perut terasa nyaman. Agar lebih sehat dan juga lezat, kamu bisa mengkombinasikan sup makaroni dengan sayuran, potongan daging ayam, ikan, atau udang.

2. Salad segar


Salad yang segar sangat cocok disantap sebagai menu berbuka puasa yang bisa mendinginkan tenggorokan yang kering setelah seharian berpuasa. Salad juga memiliki kandungan vitamin dan protein yang akan membuat tubuh lebih sehat dan berenergi meski berpuasa.

Agar lebih lezat, kamu dapat mengkombinasikan salad dengan aneka saus sepert  honey-citrus dressing sauce,i plain yoghurt atau perasan air lemon. Dan kamu juga dapat mencampurnya dengan aneka biji-bijian yang kaya akan serat.

3. Kurma


Buah kurma menjadi sunnah Rasulullah untuk menu berbuka puasa. Buah ini menyimpan kandungan serat, zat besi, gula alami, serat, dan mineral.

Jika kamu menderita sakit kepala atau pusing selama berpuasa, mungkin hal itu disebabkan karena kadar gula darah yang rendah. Makanlah minimal 3 biji kurma untuk dapat menjadi menu buka yang praktis dan tentunya sehat.

4. Kelapa muda


Kelapa muda menjadi pilihan paling mudah untuk melepaskan dahaga selama seharian berpuasa. Kandungan air pada kelapa muda dapat mengembalikan ion-ion dalam tubuh yang hilang selama seharian. Kamu juga bisa mencampurkan es agar terasa lebih segar.

5. Oatmeal


Umumnya oatmeal memiliki kandungan yang kaya akan serat dan membuat rasa kenyang lebih cepat. Hal ini bagus untuk kamu konsumsi jika sedang melakukan diet. Tambahkan campuran buah-buah segar, madu, dan susu rendah lemak agar rasa nya lebih lezat.

6. Nasi jagung


Nasi jagung adalah menu tradisional yang dapat kamu sajikan sebagai hidangan buka puasa yang menyehatkan dan lezat. Terbuat dari jagung tua yang ditumbuk lalu dikukus hingga matang, kandungan serat yang terdapat pada jagung dapat memperlancar sistem pencernaan kamu sehingga ibadah puasa dapat dilakukan lebih maksimal.

Nah itu tadi menu berbuka puasa yang lezat dan menyehatkan bagi tubuh setelah seharian berpuasa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel