6 Rekomendasi Menu Sahur Praktis dan Sehat Untuk Sebulan

Ramadhan yang tinggal menghitung hari tentunya akan membuat para umat Muslim mulai menyiapkan berbagai hal yang dapat memperlancar ibadah puasa. Mulai dari menyiapkan hati, pikiran dan tenaga agar ibadah puasa dapat berjalan dengan lancar.

Sahur menjadi waktu yang penting sebelum kita melaksanakan ibadah puasa. Persiapan menu-menu sahur sederhana dan praktis di saat bulan puasa sebaiknya dilakukan untuk menambah semangat saat berpuasa.

Pada saat jam makan sahur bisa menjadi kunci kelancaran saat berpuasa. Menu makan sahur yang memiliki gizi seimbang pasti tentunya bisa memberi kekuatan dan energi bagi tubuh supaya tetap terjaga, tidak cepat lelah dan tetap bugar meski berkegiatan dalam masa puasa.

Nah berikut ini kami rekomendasikan menu sahur praktis dan sehat. Dengan olahan yang sederhana atau praktis serta bergizi seimbang.

1. Nasi Goreng

6 Rekomendasi Menu Sahur Praktis dan Sehat Untuk Sebulan

Yups! nasi goreng ini memang masakan yang paling praktis. Dengan olahan yang bisa dibilang tidak ribet maka nasi goreng ini bisa dijadikan menu sahur yang praktis serta sehat jika ditambahkan dengan sayur-sayuran di dalam nya.

2. Sayur Bening

6 Rekomendasi Menu Sahur Praktis dan Sehat Untuk Sebulan

Jika mengonsumsi sayur bening di waktu sahur dapat menenangkan perut. Rasa hangat dan lembutnya sayur bayam bisa menambah vitamin serta mineral untuk menjalani ibadah puasa.

Cara membuatnya sangat mudah, pertama rebus air sampai mendidih, masukkan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, temu kunci dan kencur. Nah terakhir masukkan sayur bayam, jagung dan tomat yang sudah dipotong-potong, sudah deh simplekan!

3. Tumis Tahu

6 Rekomendasi Menu Sahur Praktis dan Sehat Untuk Sebulan

Seperti yang kita ketahui tahu memiliki tekstur yang lembut dan bisa dijadikan sebagai makanan sahur yang menggugah selera. Apalagi bila tahu dimasak dengan cara ditumis dengan campuran sayur pastinya praktis dan sehat agar menambah energi pada tubuh.

Cara membuatnya dengan menggunakan tahu putih atau tahu sutera yang bagus kualitasnya. Tahu dipotong-potong kecil, lalu goreng tahu tersebut agak kering. Serta tambahkan saus tiram dan sedikit cabai jika suka rasa gurih pedas yang kuat.

4. Tempe Orek

6 Rekomendasi Menu Sahur Praktis dan Sehat Untuk Sebulan

Tempe orek ini salah satu menu sahur yang bisa dibilang murah meriah dan pastinya dengan olahan yang praktis. Menu tempe orek ini adalah tempe,  cabai merah, cabai hijau, kecap manis, gula pasir, bawang merah serta tambahkan juga daun salam agar tempe oreknya harum dan lebih berasa.

Cara memasak tempe orek ini terlebih dahulu goreng hingga kering. Lalu, masak bumbunya seperti cabai merah, cabai hijau, daun salam dan bawang merah. Masak bumbu tersebut dengan tempe serta tambahkan kecap manis dan gula sesuai selera Anda.

5. Sayur Asem

6 Rekomendasi Menu Sahur Praktis dan Sehat Untuk Sebulan

Umumnya menu sayur asem ini yang sering ditemukan di restoran-restoran Sunda atau warteg. Seperti yang kita ketahui sayur asem mengandung banyak sayur yang baik bagi tubuh supaya dapat lancar dalam menjalani puasa selama seharian penuh.

Nutrisi yang terkandung pada labu siam, kacang panjang, kacang tanah, serta  jagung yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat dan serat harian Anda.

6. Udang Goreng Tepung

6 Rekomendasi Menu Sahur Praktis dan Sehat Untuk Sebulan

Hidangan laut seperti udang akan menjadi referensi berikutnya yang bisa dicoba untuk jadi menu sahur praktis untuk sebulan berpuasa.

Pertama-tama siapkan udang, lalu siapkan juga adonan tepung. Kemudian, masukkan udang tersebut ke adonan dan goreng sampai matang. Praktiskan!

Nah itu tadi menu sahur praktis dan sehat untuk sebulan yang bisa Anda coba di rumah saat bulan puasa. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel