Pengertian, Perbedaan dan Contoh Kalimat Dari Deadline dan Dateline

Pengertian, Perbedaan dan Contoh Kalimat Dari Deadline dan Dateline

Bener saja, tak jarang orang yang masih belum bisa dalam membedakan deadline dan dateline ini, kedua istilah tersebut memang sekilas nyaris sama, baik dalam cara penulisannya maupun cara mengucapkannya. Keduanya sangat mirip juga dalam segi arti, bahkan sama-sama berguna dan terkait dengan tanggal.

Nah, mungkin bagi Anda yang memiliki pekerjaan dengan dibatasi waktu, pastinya Anda tidak asing lagi dengan kata deadline dan dateline ini. Istilah ini sangat sering diucapkan seseorang yang terkait dengan pekerjaannya dan selalu diikuti dengan kinerja kerja yang sangat keras. Namun masih banyak yang salah dalam menggunakan istilah ini.

Orang-orang mungkin perlu tahu tentang bagaimana penulisan yang benar antara kata deadline or dateline. Banyak orang yang perlu mengedukasikan diri yang terkait dengan kata deadline dan dateline ini agar tidak salah dalam menginterpretasikan. Berikut ini pengertian, perbedaan dan contoh kalimat dari deadline dan dateline.

Pengertian Deadline


Secara bahasa deadline terdiri dari dua kata yaitu ‘dead’ yang artinya tidak berlaku lagi dan ‘line’ yang artinya garis atau baris, garis terbatas serta batas waktu. Jadi secara istilah kata deadline ini memiliki arti “batas waktu” atau “tenggat waktu” 

Secara umum deadline adalah time limit atau tenggat waktu dalam penempatan suatu janji atau penyelesaian suatu hal dalam pekerjaan.

Secara jurnalistik, deadline adalah tenggat waktu bagi seorang yang bekerja sebagai jurnalis untuk menyerahkan naskah beritanya.

Dalam setiap organisasi pers, seperti media elektronik atau media cetak, akan memberikan batas waktu pekerjaan bagi seorang reporter atau wartawan mereka agar dapat menyelesaikan pekerjaannya dalam suatu periode yang teratur dan pastinya pekerja tersebut harus bisa menyelesaikan pekerjaannya sebelum tenggat waktu/deadline yang sudah ditentukan.

Pengertian Dateline


Secara bahasa dateline terdiri dari dua kata yaitu ‘date’ yang berarti tanggal dan ‘line’ yang berarti garis atau baris, batas waktu serta garis batas. Jadi dateline secara istilah memiliki arti “baris tanggal”.

Kata dateline atau biasa juga ditulis dengan date line merupakan sebuah kata yang khusus digunakan dalam bidang jurnalisme.

Secara umum dateline adalah teks yang berisi keterangan-keterangan singkat dalam artikel suatu berita. Isi yang mencantumkan dalam datelin ini seperti kapan dan dimana berita/cerita yang ada di artikel itu terjadi, dilaporkan, atau ditulis, walaupun untuk tanggalnya sendiri sering tidak dituliskan.

Menurut encarta kamus, Dateline berarti baris yang mencantumkan tanggal serta lokasi dalam sebuah artikel. Baris tersebut ada di kepala artikel/surat kabar yang mencantumkan tanggal dan tempat penulisan suatu berita.

Kata dateline ini bukanlah kata yang tepat dipergunakan jika menggambarkan tentang batas waktu atau tenggat waktu suatu pekerjaan. Namun kata yang sangat tepat digunakan untuk hal itu adalah kata deadline.

Perbedaan Dari Kata Deadline dan Dateline.


Seperti yang sudah dijelaskan di atas pengertian secara bahasa dan istilah saja sudah sangat terlihat jelas perbedaan istilah dari kedua kata ini yaitu deadline dan dateline.

Kata deadline biasanya akan dipakai seperti dalam pengumpulan tugas, skripsi, presentasi, atau bisa juga pengumpulan laporan pekerjaan, sedangkan kata dateline biasanya dipakai di sebuah artikel atau surat kabar.

Contoh Kalimat Deadline


-  Akan segera ku hubungi ke studio setelah telepon ini berfungsi, lihat saja nanti apakah mereka bisa menambah deadline untuk ku.
- Nah hal ini akan menjadi yang terbaik supaya aku tidak ketinggalan deadline.
- Akhirnya aku bisa menyelesaikan tugas ini sebelum deadline berakhir.
- Banyak sekali karyawan yang tidak mampu dalam memenuhi deadline yang sudah ditetapkan.
- Deadline untuk pengumpulan hasil pengumpulan tugas kuliah hanya sampai hari ini tepatnya pukul 11.00.
- Deadline pekerjaan kita dalam menangani kasus ini hanya 5 hari saja.

Contoh Kalimat Dateline


- Berita ini terjadi di Kalimantan pada sabtu,12 maret 2002

Nah, itulah pengertian, perbedaan dan contoh kalimat dari deadline dan dateline. Jangan sampai salah lagi ya dalam penggunaan kedua kata tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel