Inilah Masker Alami Yang Cocok Untuk Kulit Wajah Berminyak

Inilah Masker Alami Yang Cocok Untuk Kulit Wajah Berminyak

Kulit wajah yang berminyak disebabkan oleh produksi sebum atau kelenjar minyak yang berlebih pada wajah. Meskipun pada dasarnya sebum bermanfaat untuk melembabkan kulit, namun jika produksi sebum yang berlebih akan menyebabkan kulit jadi lebih berminyak dan berakhir pada kulit yang kusam, komedo, pori-pori pada wajah tersumbat, sehingga rentan menimbulkan jerawat.

Seperti yang kita ketahui, kita hidup di negeri yang bermusim panas, tentunya saat musim panas akan menuntut banyak perawatan khusus untuk kulit, khususnya bagi kulit yang cenderung memproduksi minyak berlebih. Disaat musim panas tiba, Anda harus memberikan perawatan yang ekstra untuk menjaga kesehatan kulit wajah Anda, apalagi kulit yang berminyak. Karena kulit berminyak sangat rentan teriritasi.

Sebenarnya dalam merawat kulit yang berminyak dapat rentan mengalami jerawat memang memiliki tantangan tersendiri. Namun, bukan berarti Anda bisa bermalas-malasan untuk merawat kulit.

Salah satu hal yang bisa Anda lakukan dengan cara mudah yaitu dengan menggunakan masker yang terbuat dari bahan alami. Nah, inilah masker alami yang cocok untuk kulit wajah berminyak.

1. Mentimun


Masker alami untuk wajah berminyak pertama adalah mentimun. Timun merupakan astringent alami yang mampu ampuh dalam menghilangkan sebum berlebih, sel kulit mati dan kotoran.

Cara membuat masker nya pertama-tama campurkanlah sekitar satu sendok makan jus lemon dan dua sendok makan jus mentimun. Setelah dicampurkan, lalu oleskan campuran tersebut ke seluruh bagian wajah, diamkan selama 10-15 menit dan bilas dengan menggunakan air bersih. Perlu diingat, gunakan sunscreen saat di pagi hari setelah Anda menggunakan masker mentimun ini.

2. Lemon


Lemon adalah buah yang memiliki banyak sekali manfaat untuk merawat kesehatan dan  kecantikan kulit. Kandungan vitamin C tinggi yang terkandung dalam lemon dapat berperan sebagai antioksidan.

Cara membuat masker lemon ini sebenarnya sangatlah mudah. Anda hanya mencampurkan perasan air jeruk lemon dan madu dengan sekitar dua sendok makan oatmeal. Setelah itu, oleskan campuran masker tersebut ke seluruh bagian wajah dan diamkan hingga setengah kering. Kemudian, Anda bisa menggosok secara lembut wajah Anda agar dapat mudah mengangkat sel kulit mati. Bilas dengan menggunakan air bersih.

Lakukan perawatan wajah menggunakan masker berbahan alami lemon minimal 1-2 kali dalam seminggu agar dapat menutrisi kulit wajah. Kulit wajah Anda akan menjadi mulus, kencang, bercahaya dan terlihat fresh.

3. Pisang


Tidak hanya baik bagi kesehatan jantung, buah pisang ini juga baik bagi kulit karena kandungan potasium yang terdapat di dalamnya. Pisang juga dapat digunakan sebagai masker alami yang bisa mengatasi kulit wajah berminyak.

Caranya membuat maskernya mudah saja, siapkan satu buah pisang yang sudah matang serta buah jeruk dan satu sendok makan madu. Kemudian, hancurkan buah pisang tersebut menggunakan blender atau cara manual menggunakan sendok dan tambahkan satu sendok madu yang sudah disiapkan tadi. Lalu, campurkanlah tetesan sari jeruk. Oleskan masker pisang ke seluruh wajah Anda dan biarkan selama 10-15 menit. Bilas menggunakan air bersih.

4. Tomat


Tomat merah ini banyak mengandung antioksidan likopen berfungsi untuk melindungi sel-sel tubuh yang mengalami kerusakan. Lebih hebatnya lagi, kandungan vitamin C dan A yang ada pada tomat ini sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Cara membuat masker tomat pertama-tama, potong satu buah tomat menjadi dua bagian. Lalu, oleskan tomat bagian dalam terutama air yang terdapat pada tomat tersebut ke seluruh bagian wajah sampai rata dan diamkan selama 10-15 menit. Bilas wajah menggunakan air bersih. Untuk hasil yang memuaskan. Gunakan masker tomat ini sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.

5. Lumpur


Jangan kaget dulu, ternyata masker tanah liat atau lumpur juga ampuh dalam  membersihkan pori-pori serta dapat menyerap minyak berlebih pada wajah. Caranya membuat masker ini juga sangat simpel, pertama-tama Anda bisa campurkan satu sendok makan lumpur atau clay yang berupa seperti bentonit dan bisa Anda ditemukan di toko bahan makanan alami dan tambahkan satu sendok makan witch hazel, aduk sampai rata.

Oleskan masker lumpur yang sudah diaduk tadi ke seluruh bagian wajah Anda dan diamkan selama 10-15 menit, Setelah itu, bilas menggunakan air bersih. Anda juga bisa menambahkan tetesan lemon dalam masker lumpur tersebut agar dapat lebih mengontrol kelenjar minyak berlebih yang terlalu aktif di wajah Anda.

Perlu ingat, disarankan untuk tidak terlalu sering dalam menggunakan masker ini. Kalau digunakan terlalu sering, maka masker lumpur ini dapat membuat kulit Anda jadi terlalu kering.

Nah, itulah masker alami yang cocok untuk kulit wajah berminyak. Gunakan masker di atas secara teratur agar Anda bisa mendapatkan hasil yang memuaskan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel