Tips Cara Menggunakan Maskara dengan Benar

Bagi para wanita tentunya mengandalkan maskara untuk alasan yang berbagai macam. Tentunya dengan alasan ingin terlihat lebih cantik sampai ingin bereksperimen dengan gaya makeup lainnya. Bahkan mungkin sebagian besar wanita merasa makeup yang digunakan tidak lengkap saat pergi tanpa menyertakan maskara. 

Banyak manfaat- manfaat yang diberikan oleh maskara yakni dapat melentikkan, membuat bulu mata menjadi terlihat lebih lebat dan membuat mata terlihat lebih besar. Tetapi, untuk mendapatkan hal tersebut ternyata masih ada beberapa tantangan tersendiri pada saat proses mengaplikasikannya, maskara bisa saja menjadi menggumpal atau luntur jika pengaplikasiannya tidak benar.

Bagi Anda yang tidak ingin hasil maskaranya menggumpal atau luntur, maka disini kami akan memberikan tips cara menggunakan maskara dengan benar.

Tips Cara Menggunakan Maskara dengan Benar

1. Jangan memompa maskara saat membuka kemasannya


Ternyata jika memompa maskara dapat menyebabkan udara masuk ke dalam maskara sehingga formula dari maskara tersebut bisa mengering lebih cepat. Pastinya Anda tidak ingin hal tersebut terjadi kan. Untuk mengatasinya Anda cukup sapukan maskara sekali saja dengan gerakan searah saat membukanya.

2. Sapukan gagang maskara pada tisu 


Agar dapat mengurangi cairan pada maskara yang berlebih dan biasanya akan terlihat menggumpal pada ujung maskara. Cara yang bisa Anda lakukan yakni dengan menyapukan gagang maskara Anda menggunakan tisu, kemudian aplikasikan maskara pada bulu mata Anda agar hasil akhirnya tidak menggumpal dan clumpy.

3. Aplikasikan dengan gerakan zig zag


Anda harus mengaplikasikan maskara Anda dengan melakukan gerakan zig zag dari pangkal bulu mata sampai dengan ke ujung bulu mata Anda. Hal ini dapat berguna untuk membantu menciptakan efek bulu mata yang tampak terlihat bervolume dan lebih tebal. 

4. Rendam maskara yang mulai mengental


Jika Anda mempunyai maskara yang sudah mulai mengental, maka Anda bisa merendam maskara tersebut di dalam air hangat selama beberapa menit agar teksturnya menjadi encer dan lebih mudah untuk diaplikasikan. Pastikan juga Anda menutup rapat kemasan maskara sebelum akan merendamnya.

5. Jangan menggunakan maskara waterproof setiap hari


Sebenarnya maskara yang memiliki formula waterproof biasanya terdapat karakteristik lebih sulit untuk dibersihkan daripada maskara biasanya. Bila Anda kurang menyeluruh saat membersihkan maskara waterproof, maka maskaranya bisa meninggalkan residu dan berisiko menyebabkan bulu mata rontok. Sebaiknya Anda menggunakan eye makeup remover yang memiliki formulasi lembut.

6. Gunakan maskara biasa sebagai base, kemudian gunakan maskara waterproof


Nah, ini tips kalau Anda ingin menggunakan maskara yang waterproof agar bisa tahan dengan luntur pada occasion tertentu, maka aplikasikan maskara biasa atau maskara yang tidak waterproof sebagai base, kemudian gunakan kembali maskara waterproof. Cara ini akan membantu untuk membuat maskara lebih mudah saat dibersihkan daripada hanya menggunakan maskara waterproof saja.

7. Hangatkan penjepit bulu mata Anda menggunakan blow dryer


Agar Anda bisa mendapatkan efek kelentikan yang tampak maksimal, maka gunakan cara ini. tetapi, Anda harus bijak dalam menentukan suhu dalam menghangatkannya jangan penjepit bulu mata Anda sampai terlalu panas. Sebaik Anda selalu menggunakan penjepit bulu mata terlebih dahulu sebelum menggunakan maskara, jangan sampai Anda melakukan cara yang terbalik karena dapat membuat bulu mata Anda menjadi mudah patah dan rapuh.

8. Kenakan eyelash primer sebelum mengaplikasikan maskara dan setelah menggunakan penjepit bulu mata. 


Tidak hanya wajah saja yang harus menggunakan face primer, tetapi bulu mata pun juga mempunyai eyelash primer agar dapat menghasilkan efek dramatis dan untuk mendapatkan hasil akhir maskara yang lebih sempurna.

9. Gunakan maskara setelah mengaplikasikan eyeshadow dan eyeliner


Ketika Anda mengaplikasikan eyeshadow dan eyeliner, apalagi yang bertekstur bubuk, rata-rata akan ada bubuk yang berjatuhan ke bagian bulu mata dan tentunya dapat mengganggu penampilan maskara Anda. Maka dari itu, Anda harus selesaikan makeup mata terlebih dahulu kemudian gunakan maskara sebagai finishing touchnya.

10. Gabungkan beberapa jenis maskara agar dapat mendapatkan hasil yang maksimal


Tips yang satu ini berguna bagi Anda yang mempunyai bulu mata lurus dan pendek. Gunakanlah maskara yang memiliki formula menambah volume dan panjang terlebih dahulu. Lalu gunakan maskara yang dapat melentikkan bulu mata. Anda bisa sesuaikan jenis sikat maskara dengan efek yang Anda inginkan.

Nah, itulah tips cara menggunakan maskara dengan benar yang bisa Anda terapkan agar hasil makeup wajah bagian mata Anda terlihat sempurna.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel